Seni Grafis yang paling mudah dikuasai



Hello guys!...
    Selamat datang di Kodesigners, kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang desain grafis. Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Setiap jenis desain grafis memiliki tingkat kesulitan serta kerumitan yang berbeda. Kali ini, saya akan memberikan pengetahuan ataupun referensi tentang jenis desain grafis yang paling mudah hingga yang paling sulit dikuasai. Barangkali ada salah satu dari kalian yang ingin belajar desain grafis tapi bingung mau belajar yang mana dulu. Karena sebaiknya anda belajar dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Oke, mari kita simak saja ulasanya berikut ini:

Flat Design

  


         Mengapa flat design? karena menurut saya, flat design adalah jenis desain yang paling sederhana. Itu dikarenakan warnanya yang datar tetapi juga cerah. warnanya itu membuatnya menjadi sederhana sekaligus enak dipandang. Bentuk dari Flat Design juga sederhana, jadi mudah untuk dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.


Siluet

        Yang kedua adalah Siluet. Karena hanya berbentuk seperti bayangan saja dan tidak ada unsur gelap terangnya. Selain itu, siluet juga hanya menggunakan warna hitam. Jadi tidak perlu bingung memilih warna yang pas. Pembuatanya yaitu dengan menggambar pinggiranya saja, lalu diwarnai dengan warna hitam. Siluet juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya.


Line Art

                    Berikutnya adalah Line Art. Line Art mudah dikuasai karena jenis ini hanya menggambar bagian border atau garis pinggirnya saja serta menggambar bagian yang gelapnya saja. Line Art sangat mirip dengan sketsa. Bedanya hanya terletak pada bagian yang digambar. Line Art bagian gelapnya juga digambar sedangkan sketsa tidak.


Typography


                Yang berikutnya adalah Typography. Typography cukup mudah dibuat karena hanya berupa tulisan yang dihias dan ditata sedemikian rupa hingga membentuk suatu karya yang indah. Yang paling penting dalam membuat typography yaitu pemilihan font yang tepat untuk membuatnya.

Vector Art

                Nah, mulai dari sini, adalah jenis desain grafis yang memiliki kesulitan tingkat menengah, contohnya Vector Art. Vector Art biasanya juga merupakan Line Art yang diberi warna. Karena biasanya para designer menggambar vector dengan cara menggambar Line Artnya dulu, kemudian baru menggambar bagian gelap terangnya lalu baru ke proses pewarnaan. Kebanyakan orang tertarik untuk belajar desain grafis karena hanya ingin bisa membuat vector tanpa belajar dulu dasar-dasarnya. Sebenarnya tidak ada salahnya belajar langsung membuat vector untuk pemula. Namun, kemungkinan untuk jadi vector yang bagus lumayan kecil. Kebanyakan orang juga bingung dengan gelap terangnya dan akhirnya memutuskan untuk tidak menyelesaikanya hingga akhir. Oleh karena itu, vector membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk membuatnya.


WPAP

                   WPAP merupakan seni grafis yang memiliki ciri khas yaitu warnanya yang bebas dan juga bentuknya yang tidak memiliki lengkungan. Jika kita ingin membuat lengkungan, maka yang bisa dilakukan adalah menggabungkan garis-garis lurus hingga membentuk lengkungan. Walaupun warnanya bebas, tetapi kita juga harus memilih warna yang pas untuk setiap bagiannya. Contohnya jika ingin mewarnai rambut yang hitam, maka kita harus mewarnainya dengan warna yang gelap misalnya warna ungu ataupun biru tua. Jika ingin mewarnai kulit yang putih ataupun cerah, kita sebaiknya menggunakan warna yang cerah misalnya warna kuning ataupun ping. Selain pewarnaan, pola atau bentuk juga tidak boleh sembarangan, dan harus mengikuti gelap terang. Jika tidak, maka hasilnya tidak akan memuaskan.


Low Poly Art

                     Mulai dari sini, merupakan jenis-jenis seni grafis yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Contohnya Low Poly Art. Mengapa Low Poly Art termasuk jenis seni grafis yang memiliki tingkat kesulitan tinggi? Itu dikarenakan proses pembuatanya yang membutuhkan kesabaran ekstra. Karena harus membuat pola segitiga hingga menutupi seluruh bagian objek. Selain itu, pewarnaanya juga harus mengikuti gelap terang.


Manipulation Art

                       Manipulation Art merupakan jenis seni grafis yang paling sulit. Itu karena harus menggabungkan beberapa foto, menghilangkan background, mengganti background, membuat bayangan serta yang lainya harus dikuasai. Selain itu, ide juga penting dalam pembuatan Manipulation Art. Oleh karena itu, biasanya hanya orang-orang yang memiliki imajinasi yang tinggi yang bisa membuat Manipulation Art.


           Sebenarnya, tingkat kesulitan tidak terlalu penting dalam pembuatan desain grafis. Yang terpenting yaitu kemauan serta kesabaran dalam membuatnya. Selain itu, kegagalan serta hasil yang kurang bagus bukanlah alasan untuk berhenti untuk membuat desain grafis. Karena itu adalah awal dari keberhasilan. Oke, sekian dari saya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. See You Next Time!.... Bye.....
Share on Google Plus
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar