Cara Membuat Database di CMD

Hello everybody!..
Kembali lagi dengan saya, kali ini saya akan menunjukan kepada anda bagaimana "Cara Membuat Database di CMD". Ok tanpa membuang waktu, langsung saja kita mulai pastikan anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan lewat komentar. Berikut adalah Langkah-langkahnya:

Sebelumnya, pastikan PC anda sudah terinstal XAMPP. Jika sudah terinstal, maka anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Buka XAMPP Control Panel dan Aktifkan "Apache dan MySQL"




2. Buka Command Prompt/CMD. Salah satu caranya yaitu dengan klik kanan pada logo windows, lalu pilih Command Prompt.



3. Setelah itu, pada CMD ketikan perintah "cd C:/xampp/mysql/bin" untuk membuka direktori MySQL.


4. Lalu ketikan lagi "mysql -u root -p" untuk menjalankan aplikasi Mysql.



5. Setelah itu ketikan "create database nama database" untuk membuat database. Kali ini saya akan memilih nama tutor untuk nama databasenya.



6. Setelah dibuat, ketikan perintah "use nama database" karena database saya bernama tutor, jadi saya mengetikan perintah "use tutor".



7. Jika sudah, sekarang tinggal membuat tabel beserta kolomnya. Caranya yaitu dengan mengetikan perintah "create table latihan(No int, Nama varchar(50), Alamat varchar(50));". latihan adalah nama tabel yang saya gunakan. No, Nama, dan Alamat adalah nama kolom yang saya gunakan. varchar dan int adalah tipe data yang saya gunakan sedangkan 50 adalah jumlah maksimal untuk data yang boleh diisikan pada kolom tersebut.



8. Setelah itu, ketikan perintah "insert into latihan values('1','Randy','Jogja'),('2','John','Bandung');". insert into adalah perintah untuk mengisikan data, values untuk mengisikan isi yang ada di dalamnya. Data yang diinputkan harus sesuai dengan tipe data yang dibuat contohnya int untuk angka dan varchar untuk karakter.



9. Jika anda ingin melihat hasilnya, ketikan saja select*from nama database. Maka, saya hanya perlu mengetikan "select*from latihan;"



10. Selesai...

Jika anda ingin melihat Database ini lagi di lain waktu, maka anda hanya perlu mengetikan perintah nomor 1-4 dan perintah nomor 9. Anda juga bisa memodifikasi database yang sudah dibuat sesuai dengan keinginan anda, misalnya menambahkan, menghapus data atau yang lainya. Saya minta maaf jika gambar yang disajikan kurang jelas, tapi untuk memperjelas penjelasan saya ataupun bagi anda yang kurang paham akan penjelasan saya tadi bisa melihat videonya berikut ini.



Oke, mungkin sekian dari saya, terimakasihatas perhatianya, Semoga bermanfaat, sampai ketemu lagi di artikel saya yang selanjutnya bye...
Share on Google Plus
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar